Sunday, July 8, 2012

Wisata Kemah Di Sukabumi

Semenjak para maskapai perang tarif, harga tiket pesawat ke luar negeri (Singapore, Malaysia, Thailand, dll) menadi terjangkau. Wisata ke luar negeri menjadi primadona liburan penduduk Indonesia, termasuk saya salah satunya. Tahun 2010 kemarin, 3x saya jalan – jalan ke luar negeri. Setiap ada tiket murah, saya selalu siap duduk di depan komputer untuk mendapatkan tiket harga istimewa tersebut. Yeayyy. Tapi itu tahun lalu, tahun ini berbeda. Saya mencanangkan visit Indonesia year untuk diri saya sendiri. Setelah saya pikir- pikir, jalan – jalan ke luar negeri itu pada akhirnya adalah wisata belanja. yang berarti pengeluaran 2x lipat. Lagipula, beli baju dimana – mana juga bisa, baik di Indonesia ataupun di luar negeri terdapat merk- merk yang sama, seperti Zara, Forever 21 dan lain- lain. Sedangkan Indonesia, punya banyak sekali keindahan alam yang bisa dieksplorasi dan tentunya dengan harga terjangkau. Dimana lagi kita bisa lihat Bunaken, Gunung Bromo, Pulau Sempu, Kawah Putih kalau bukan di Indonesia. Berdasarkan alasan tersebut maka saya mencanangkan mari explore Indonesia. Ihiiiyy.
Sebagai permulaan saya mulai dari wisata di daerah Jawa Barat, tepatnya Sukabumi. Di daerah sukabumi ini terkenal dengan arung jeram di sungai Citarik, selain itu tentu ada trekking, menginap di camping, pokoknya yang berhubungan dengan back to nature. Di daerah sukabumi setelah bergoogling ada beberapa provider yang memfasilitasi camping ground dan wisata arung jeram.
1. Riam Jeram
2. Rakata
3. Kaldera
4. Tanakita
5. Arus Liar
Saya akan meceritakan pngalaman saya lebih lanjut di provider yang terakhir yaitu Arus Liar. Perjalanan dari Jakarta ke daerah Citarik, Sukabumi lebih kurang 4 jam. Di perjalanan terdapat beberapa hambatan, seperti buruh pabrik yang pulang kantor, pasar dan truk. Ketiga hal tersebut menyebabkan kemacetan. Kemudian, setelah masuk ke belokan yang menuju ke Citarik lebih kurang 40 KM dengan jalan yang berkelok-kelok seperti mendaki gunung. Di sepanjang kiri dan kanan terdapat perkebunan karet dan hutan. Tapi jangan khawatir, meskipun jalanan berkelok-kelok tapi jalanannya beraspal beton.
Place to Sleep
CIMG0056 CIMG0830
Inilah tenda yang kami tempat selama di Arus Liar. Pada awalnya kelompok kami akan tidur di dua tempat yaitu bungalow yang diberi nama Nusa dan Tenda di camping ground. Nusa katanya terletak di tengah tengah sungai seperti pulau dan untuk menuju kesana musti melewati jembatan. Sepertinya cukup seru. Namun karena lokasi bungalow 300 M dan tenda hanya 50 M, semuanya akhirnya menginap di tenda di area camping ground. Di arus liar terdapat beberapa area camping ground disesuaikan dengan kebutuhan dan berapa orang yang akan menginap di tenda. Tendanya berupa family tent yang nyaman. Untuk penutup tenda ada 2 restleting. Kemudian, bagian bawahnya tidak bersentuhan dengan tanah dan dilapisi kasur jadi empuk. Satu tenda berisi 2 –3 orang saja. Perlu diketahui bahwa masing- masing orang mendapat bantal di tenda dan sleeping bag. Jadi kita bisa tidur dengan nyaman.
Jangan takut kamar mandinya menyeramkan seperti MCK di cibubur ketikan jamn SD atau SMP dulu. Kamar mandinya bersih.Kamar mandinya dibuat dengan batu-batu alam. CIMG0846 Terdapat gentong besar sebagai bak dan batok sebagai ciduk. Tidak lupa juga ada shower yang terbuat dari bambu. Ketika airnya dibuka seperti hujan. WCnya pun berupa WC duduk jadi tidak perlu khawatir untuk BAB. hihihi. Mushola juga ada dan dibuat di saung. Saung untuk mushola ini terletak di pinggir sawah, peralatn solat seperti mukena dan sarung disediakan. Ditambah angin sepoi- sepoi menambah syahdu waktu solat dan semakin mensyukuri kebesaran Allah SWT.
Disekitar camping ground terdapat lahan persawahan dan kita bisa melihat pegunungan juga.
CIMG0051 CIMG0052


Outbound
Fasilitas outbound di Arus Liar, terdiri dari Flying Fox, Body Balance dan tarik Tambang Lumpur. Flying Fox dilakukan di sekitar area camping ground. Flying Fox boleh dilakukan dengan 2 gaya, yaitu gaya duduk dan gaya superman. Gaya duduk biasanya untuk orang – orang yang takut ketinggian seperti saya. hihihi. Sedangkan, gaya superman untuk yang berani. Body balance ternyata adalah meniti bambu dengan ketinggian yang lumayan. Kelihatanya mudah tapi pada kenyataannya super susah dan menakutkan.
CIMG0837 CIMG0838
Sebenarnya kita semua diberikan tali pengaman ketika akan meniti bambu. Kita harus meniti bambu dengan tangan terlentang. Tapi karena super serem pasti kita memegang tali pengaman ketika meniti bambu. Untuk memulai 2 langkah pertama ketika meniti bambu rasanya sangat sulit. Disaat tersebutlah kita harus mengalahkan ketakutan dari diri sendiri. Dan pastinya percaya bahwa pengaman sudah lengkap dan tidak akan terjatuh. kalaupun terjatuh pasti ada tali pengaman. Ketika sampai di tengah titian bambu, sebatang bambu tersebut bergetar karena 2 hal. Karena ada yang akan menyebrangi dan kaki kita yang gemetaran ketakutan. Pokoknya yang penting berani, berani, berani.
Paint Ball
CIMG0869  CIMG0875
Yihaaa, saatnya Paintball. Untuk menuju tempat paintball, kita semua diangkut dengan truk menuju ke TKP. Hanya sekitar 2-3 menit menuju ke tempat paint ball. Tempat paintball arus liar landai alias miring. Dibatasi dengan jaring pengaman yang mengitari tempat paintball. Permainan paintball, 1 kelompok lebih kurang terdiri dari 10 0rang. Setiap orang dilangkapi dengan senapan, rompi tentara, dan masker wajah. Mengenai pengamanan di masker wajah sangat ditekankan, karena katanya apabila peluru mengenai masker bisa menyebabkan kebutaan. jadi setidak nyaman apapun masker wajah harus dipakai. Gaya permainan paintball di arus liar adalah terminator. Yaitu grup yang menang adalah yang paling banyak menembak mati grup lawan. Jujur, permainan paint ball ini sangat tidak cocok dengan perempuan seperti saya. Pertama, senjatanya berat, kedua, karena lahannya landai saya harus mendaki dan itu susah banget, ketiga, saya takut kena peluru rasanya sakit bo!! dan saya tidak punya nyali kayak di film untuk menembakkan senjatanya membabi buta ke seluruh orang. fiuhhh. tapi untuk para pria macho rasanya permainan ini akan sangat menyenangkan dan menegangkan.

1 comments

Unknown January 11, 2013 at 2:17 AM

salam kenal.
mdh2an informasi ini bermanfaat.
Jika nanti perlu untuk merental sepeda untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan/ event-event tertentu, khususnya buat teman-teman eo yang mau mengadakan kegiatan / event bersepeda, kami berharap bisa menghubungi My Bike yang khusus merentalkan sepeda. My Bike ada di bandung di jln. jalaprang, no. 3 surapati depan kantor imigrasi bandung. untuk lebih jelasnya, klik aja website my bike di : www.rentalsepeda.com
thx ya, Arnold
0817 230 8338

Post a Comment